Kamis, 01 Mei 2014

PERJALANAN GUNUNG RAKUTAK DAN DANAU CIHARUS (18-20 april 2014)

Perjalanan ini saya lakukan bersama dengan kawan2 dari LPP (Langkah Para Petualang) dan rekan rekan dari Ciparay. Pada tanggal 18 kami berkumpul di Ciparay, kami menggunakan kendaraan umum (carteer angkot) menuju desa Sukarame.
Sesampai nya di desa Sukarame kami melakukan brifing terlebih dahulu supaya d beri kelancaran dan kemudahan saat melakukan perjalanan. :)

trek pertama yg kami lewati adalah perumahan warga yg berujung ke persawahan dan kawasan hutan yg di dominasi perkebunan milik warga sekitar. kami beristirahat sejenak dan membuka jas hujan milik kami d karnakan hujan turun seketika.
kami melanjutkan perjalanan sambil d guyur hujan melewati "kebon awi" dan sampai d trek panjang dengan kemiringan 88 derajat (kuranglebih). kami pun beristirahat kembali.

setelah cukup lama beristrahat, kami melanjutkan perjalanan masih melewati perkebunan bawang milik warga

hingga magrib menjelang. kami melewati kebun bawang sambil menikmati sunset yg tertutup oleh kabut karena sudah turun hujan.
lumayan menyengat aroma bawang nya huhuhuhu....

hingga akhirnya kami memasuki rimba yg penuh duri. treknya pun lumayan sulit.. di karenakan rumput ilalang dan duri membentuk sebuah gua.. jadi kami terpaksa berjalan sambil sesekali membungkukan badan. ( sory foto nya gk ada.. trek nya gan.. hehe )
hingga akhirnya kami menjumpai trek yg bedominasi akar-akar pepohonan.
Treknya yg lumayan menguras tenaga ini akhirnya sampai pada persitirahatan d Tegal Alun. Kami istirahat dan membongkar tenda kami. dan mulai beristirahat..
"kami tidak sempat mengabadikan moment.. karena hujan lumayan deras"

Sabtu 19 april 2014 Pagi  di Tegal Alun kami bergegas utk menuju puncak Rakutak. Tapi.. sebelum itu kgn lupa sarapan dulu gan !!! hehe
 menu makan seadanya aja gan ..... hehehe

kami mengabadikan foto keluarga d tegal alun g. rakutak
perjalanan kami lanjutkan dengan semangat yg menggebu-gebu utk mencapai puncak Rakutak.. perlahan tapi Pasti.. hingga kami menjumpai 'jembatan sirratummustaqin' dimana trek nya yg lumayan memacu adrenalin.. jalan setapak yg d sebelah kanan jurang dan d sebelah kiri pun jurang.. Tetapi melihat pemandangan dari sini pun terkesan sangat menakjubkan. itulah yg mengobati rasa lelah kami

dan akhinya setelah perjalanan yg melelah kan dan menguras energi kami pun berhasil mencapai puncak G. Rakutak dgn ketinggian 1922 Mdpl. mungkin ketinggian nya tidak seberapa.. tetapi kami tetap mensyukuri apa yanga telah kami capai.. dgn trek yg terbilang sangat menguras tenaga..

lagi,,,

setelah istirahat beberapa saat dan mensyukuri keberhasilan yg telah kami raih.. kami pun mulai bergegas menuju danau ciharus.. dan sempat mengabadikan beberapa moment..

(foto dnau ciharus dari puncak rakutak) *(sory ane ngambil d google)
saatnya menuju ciharus..

dari puncak kami langsung bergegas menuju ciharus.. trek kami lalui lumayan landai dan menyenangkan dengan pemandangan yg eksotis dari punggung rakutak.. kami menemukan beberapa tumbuhan edhelwies yg tumbuh d sepanjang jurang punggung rakutak..

sampai akhirnya tiba d ujung jalan yg trek nya langsung menurun tajam hingga 90 derajat. trek yg sangat sulit, d karenakan kami hrs menuruni jurang tersebut sambil membawa beban yg berat,, (hrs extra hati2).dgn jalan setapak yg lumayan licin bekas hujan semalam..

lelah pasti..
kami sering beristirahat sejenak utk merenggangkan otot2..
sampai akhirnya sampai d lembah pegunungan..
perjalanan d lanjutkan dgn menulusuri jalan setapak hingga akhinya sampai pada trek berair (sungai)
Kami menulusuri sungai tersebut sampai menuju ke hulu. sesekali kami hrs turun ke sungai, karena tidak ada lagi trek yg harus d lalui..
kemudian sampai d tepi sungai.. trek nya lumayan terjal.. kembali kami hrs menguras tenaga utk sampai d danau ciharus.
hingga akhirnya terlihat celah dengan pemandangan langit terbuka.. dan akhirnyaaaa.. kami telah tiba d danau ciharus
 kami tiba d danau ciharus.."katanya sihh ranu kumbolo nya jawa barat..."
emang menakjubkan saat berada di danau ciharus ini.. suasana nya yg begitu asri dan sangatlah sejuk

perlu d perhatikan ' daun inilah yg selalu ada d setiap sudut danau.. hati2 jangan sampai terkena daun ini.. duri sangat tajam dan gatal bila mnyentuh kulit.. bisa d bilang khas nya ciharus.. kalo pengen coba silahkan aja,,

Karena hari sudah sore.. dan hujan mulai turun kembali.. kami langsung membongkar tenda dan tiarap sejenak ..
malam pun tiba .. hujan yg baru reda membuat kami bersemangat utk melakukan kegiatan d malam hari,, (masak,ngopi,dll)
kami melewati malam yg hangat sambil bermain kartu d setiap tenda. hingga sampai d saat smua tertidur pulas..

Pagi menjelang.. daaaannnn......
nikmatnya berjemur dan merasakan oksigen di pagi hari danau ciharus